Perencanaan Pendidikan Dan Pelatihan


Berdasarkan hasil observasi lapangan yang sudah dilakukan terhadap pelaksanaan pelatihan, tuliskanlah jawaban dari hal-hal sebagai berikut :

1.      Apakah perencanaan pelatihan diawali dengan analisis kebutuhan pelatihan? Kalau ya bagaimana analisis kebutuhan pelatihan tersebut dilakukan. Kalau tidak apa komentar anda.
Jawab :
Ya. Pengajian ibu-ibu, yang biasa disebut Majelis Taklim (MT), merupakan kegiatan yang akhir-akhir ini banyak bermunculan. Hal ini tentunya membawa nilai positif bagi kaum wanita, khususnya ibu-ibu dalam meningkatkan pemahaman keislaman mereka juga kehidupan bersosialisasi antara warga. MT-MT tersebut bermunculan bagai cendawan di musim hujan. Tapi karena tidak dikelola dengan baik, maka MT-MT tersebut tidak berjalan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena ketidakterampilan pengurusnya dalam merancang dan mengagendakan kegiatan. Alhasil MT yang ada hanya diisi dengan wirid Yasin bersama, belajar rebana, dan berzanji. Kemudian MT hanyalah sebagai pengisi waktu kosong yang tidak membawa hasil yang maksimal, dalam artian ilmu dan pemahaman agama para anggota MT tidak bertambah.  Tentunya hal ini sangat disayangkan. Di satu sisi mereka sudah meluangkan waktunya diantara kesibukan mengurus rumah tangga, tapi di sisi yang lain, waktu yang luang tersebut menjadi tidak bermakna.
      Berdasarkan kenyataan di lapangan, maka dapat diuraikan penyebab dari permasalahan diatas, yaitu:
  1. Ketidakterampilan pengurus MT dalam merancang agenda MT.
  2. Kurangnya tenaga penceramah wanita yang benar-benar berkompeten, sehingga MT lebih banyak diisi oleh ustadz, terkadang menjadi hambatan dalam berkomunikasi (tidak sebebas ketika berkomunikasi dengan ustadzah).
  3. Sebagian ibu-ibu ada yang memiliki keberanian untuk mau ’maju’ ke depan, hanya saja pemahaman yang mereka miliki sangat sedikit     sekali sehingga yang mereka sampaikan terkadang tidak ada landasannya.
Berdasarkan hal diatas, maka perlu dibuat sebuah wacana yang menampung, mengarahkan dan memberikan motivasi serta pengajaran di bidang agama untuk para ibu-ibu di MT. Wacana tersebut diberi nama dengan kursus mubalighoh yang nanti diharapkan para alumninya mampu terjun ke medan dakwah (di MT-MT yang ada). Kursus ini merekrut para sarjana agama yang belum mau terjun ke medan dakwah dan para ibu-ibu yang sudah memiliki kemauan untuk berdakwah (tapi belum memiliki kompetensi sesuai yang diharapkan). Sehingga diharapkan, para ibu-ibu MT bisa menerapkan dan menularkan ilmunya untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitarnya. Dan sekolah atau lembaga juga tidak kerepotan mencari mubalighoh yang akan mengisi acara keagamaan di lingkungan mereka. Tentu hal ini semakin meringankan kerja dakwah kader dakwah yang sudah ada.

2.      Aspek-aspek apakah yang dilakukan berkaitan dengan perencanaan pelatihan? Teknik perencanaan yang seperti apa yang diterapkan? Apa komentar anda.
Jawab :
Aspek-aspek yang dilakukan berkaitan dengan perencanaan pelatihan tersebut adalah : identifikasi masalah, analisis kebutuhan, tujuan kegiatan, sasaran kegiatan, lokasi dan waktu, analisis instruksional, kompetensi dan materi yang akan diberikan.
Teknik perencanaan yang diterapkan pada pelatihan diatas adalah dengan menggunakan teknik Needs Assesment (NA).
Komentar saya atas aspek – aspek dan teknik yang diterapkan pada pelatihan tersebut telah baik, hal ini dapat dilihat dari aspek – aspek yang diperhatikan, yaitu adanya identifikasi masalah yang kemudian menganalisis kebutuhannya, sehingga didapat kesenjangan yang terjadi. Kemudian selanjutnya jika pelatihan ini dilaksanakan, maka perlu ditetapkan tujuan, sasaran, lokasi dan waktu pelaksanaan kegiatan. Dan sebelum menentukan kompetensi yang diharapkan dan materi yang akan diberikan, maka perlu dilakukan analisis instruksional terlebih dahulu, sehingga didapat sejauh mana perilaku awal, perilaku khusus dan karakteristik awal peserta, dengan tujuan agar dengan mudah menentukan kompetensi yang diharapkan dan materi yang akan  diberikan. Dan dengan menerapkan teknik NA, maka tujuan TNA yaitu optimals, actuals, causes, feelings dan solution dapat tercapai dengan baik pula.

3.      Berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan, aspek-aspek apakah yang perlu dipantau (dimonitor) dan dengan teknik apa monitoring dilakukan. Apa komentar anda.
Jawab :
Berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan, aspek-aspek yang perlu dipantau (dimonitor) adalah materi / pokok bahasan, kompetensi yang diharapkan, teknik pelatihan serta strategi pelatihan yang perlu dipersiapkan. Sedangkan teknik yang dilakukan untuk memonitoring pelaksanaan pelatihan adalah dengan langsung mengobservasi pelatihan tersebut. Komentar saya, yang berkaitan dengan pelaksanaan pelatihan pada dasarnya baik.  Dengan memperhatikan aspek-aspek yang perlu dipantau dan mengobservasi secara langsung pelatihan tersebut, maka dapat didata apa saja yang kurang berkaitan dengan pelatihan tersebut, sehingga pada saat pelaksanaan pelatihan tidak ada lagi sesuatu yang kurang atau ada hambatan-hambatan yang menyebabkan pelatihan tersebut tidak dapat berjalan dengan baik.

4.      Berkaitan dengan evaluasi program pelatihan, aspek-aspek apakah yang perlu dievaluasi dan bagaimana teknik evaluasi program dilakukan. Apa komentar anda.
Jawab :
Aspek-aspek yang perlu dievaluasi adalah menyangkut peserta, pihak penyelenggara, dan instruktur,  dimana pada peserta harus dinilai dengan memberikan tes tertulis dan praktek pada akhir pelatihan, sehingga dapat diketahui hasil dari pelatihan setiap peserta. Dan hasil ini dapat menunjukkan apakah tujuan kompetensi dan materi yang disampaikan signifikan, tujuan tercapai dengan baik. Pada pihak penyelenggara, apakah program pelatihan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana pelatihan. Pada instruktur dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana seorang instruktur mampu memberikan dan menyampaikan informasi dengan baik kepada peserta. Dengan memperhatikan aspek-aspek dan teknik evaluasi program pelatihan ini maka akan didapatkan umpan balik dalam rangka menyempurnakan program pelatihan yang akan datang. Dan komentar saya, pada dasarnya evaluasi pelatihan ini juga telah baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar