Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan

Soal Ujian Akhir Semester Mata Kuliah : Landasan Ilmiah Ilmu Pendidikan

1. Untuk menjadikan pengetahuan menjadi suatu bidang ilmu, diperlukan syarat-syarat yang harus dipenuhi. Sebutkan syarat-syarat tersebut dan jelaskan satu persatu serta berikan contoh
2. Terdapat 5 indikator kebudayaan. Jelaskan masing-masing ke-5 indikator itu dan berikan contoh.
3. Sebagai reaksi terhadap dampak liberalisme, positivisme, dan individualisme,muncullah aliran sosial dalam pendidikan pada abad ke-20, sehingga muncul pendapat bahwa masyarakat mempunyai arti yang lebih esensial daripada individu proses interaksi sosial didasari oleh faktor-faktor berikut:
1) Imitasi 2) Sugesti 3) Identifikasi 4) Simpati
Uraikan bagaimana usaha anda untuk memanfaatkan keempat faktor-faktor sosial itu dalam landasan ilmiah ilmu pendidikan serta berikan contoh.
4. Politik cenderung mengarah pada meraih kekuasaan atau kekuatan untuk mengelola/mengatur organisasi. Jelaskan dan beri contohnya, bagaimana peran politik dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia
5. Andaikan saat ini menurut saudara sistem pendidikan di Indonesia perlu dibenahi karena adanya berbagai pemasalahan dalam pelaksanaannya. Apa usaha saudara dalam mengatasi permasalahan pendidikan tersebut, beri argumentasi yang tajam dan dilengkapi dengan dengan bukti-bukti yang menurut saudara perlu diajukan.

Dikumpul paling lambat tgl 31 Mei 2010 pukul 12.00

3 komentar:

  1. salam kenal buat pak Hendra.....

    saya sangat membutuhkan informasi tentang 5 indikator kebudayaan...

    Help Me...

    Sam Tin, Medan

    BalasHapus
  2. saya sangat tertarik pada soal tersebut,
    dan untuk menambah serapan ilmu dari bapak,
    saya berharap bantuan dari bapak,untuk bisa memberitahukan jawaban tersebut, sebagai penbendaharaan terhadap ilmu yang ingin kembangkan.
    trims

    BalasHapus